Perlunya Dukungan Bagi Pemain Sepak Bola Wanita Indonesia

Turnamen sepak bola wanita yang akhir pekan lalu diadakan di Lapangan Aldiron, Jakarta bersama perusahaan asuransi jiwa. Memiliki tujuan dalam membangkitkan terpacunya gairah kompetisi sepak bola wanita di Indonesia. Dan terkait dengan hasilnya, diperolehlah 16 tim yang berperan dalam turnamen. Kemudian, turnamen tadi dimenangkan oleh Tim Footbalicious. Skor yang didapat adalah 2 – 0 mengungguli Tim Uni Papua.

Selama turnamen berlangsung tim – tim sepak bola wanita Indonesia dipantau oleh perwakilan pemandu bakat klub bola Liga Inggris Tottenham Hotspur, yakni Shaun Harris serta Anton Blackwood. Keduanya adalah staf khusus yang ditugaskan untuk melihat bakat – bakat pemain muda di wilayah Asia. Menurut mereka banyak bibit pemain sepak bola wanita di Indonesia yang potensial. Sehingga perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk memajukannya.

Dukungan yang Diperlukan

Berikut ini merupakan beberapa dukungan yang diperlukan bagi pemain sepak bola wanita di Indonesia;

Dukungan Infrastruktur

Menurut pendapat Anton Blackwood, hal yang paling mendasar atau fundamental adalah perlunya dukungan infrastruktur. Infranstruktur ini terkait dengan lapangan. Lapangan sebagai tempat paling utama dalam bermain sepak bola. Anton melihat bahwa di Indonesia, lapangan sebagian besar masih minim dengan lapangan yang bagus. Sehingga memberikan dampak negative bagi para pemain untuk berkembang menjadi lebih bagus.

Lapangan sepak bola seharusnya representatif bagi kegiatan pertandingan, turnamen maupun latihan. Ciri lapangan yang representatif sendiri yaitu dapat dilihat dari struktur tanah lapangan, rumput lapangan, fasilitas kebersihan, fasilitas pemain, ofisial, serta supporter pun juga harus nyaman, aman, bersih dan layak digunakan.

Dukungan Sport Science

Kemudian, hal pendukung lain juga perlu diperhatikan, seperti sport sciene. Menurut Anton sport science dibutuhkan oleh pemain agar mereka dapat berkembang pesat, disamping dari segi teknik dan skill. Sebenarnya dengan adanya turnamen yang diadakan dan sering diikuti oleh tim – tim sepak bola wanita, akan menambah pengetahuan dan pemahaman mereka tentang olahraga sepak bola itu sendiri. Terlebih lagi jika mereka secara intensif diarahkan dan dibimbing oleh pelatih profesional, maka perkembangannya akan jauh lebih pesat lagi nantinya.

Dana, Dukungan Paling Penting

Salah satu yang masih menjadi perbincangan antara banyak pihak adalah mengenai persoalan dana. Dukungan dana bagi terciptanya klub sepak bola yang bagus tentu sangat dibutuhkan. Hal ini terkait dengan keperluan – keperluan pemain dan pembiayaan dukungan lainnya. Agar dapat merealisasikannya dukungan dana adalah solusinya. Bagi pecinta sepak bola tanah air tentu mengerti bahwa setiap pendirian suatu klub dibutuhkan dana yang tidak kecil, bahkan mereka harus bekerja keras dalam mencari dana guna eksistensi klub mereka. Oleh karena itu, diperlukan manajemen yang baik didalam klub itu sendiri.

Mengenai manajemenklub, ada beberapa tahapan yang seharusnya dilaksanakan, diantaranya adalah Planning, Organizing, Actuating, dan Controling.Layaknya membangun sebuah perusahaan, sebuah klub pun harus memiliki perencanaan matang. Dimulai dari merencanakan visi, misi serta tujuan dibentuknya klub tersebut. Cara mencapai tujuan, menentukan sasaran atau target, perkiraan sumber – sumber daya, struktur formal, serta menentukan strategi bagi keberhasilan dan kemajuannya.

Dalam Organizing pun, kita harus pandai mengendalikan para staf ofisial. Mereka diberikan pembagian kerja sesuai dengan keahliannya serta deskripsi kerja mereka berperan dalam sektor apa saja. Lama waktu dalam bekerja pun harus diperhitungkan. Kemudian Actuating adalah melakukan proses kegiatan kerja yang sudah direncanakan dan diprogramkan. Lalu yang terakhir adalah controlling, artinya perlu ada sistem control atau pengendalian, tujuannya agar pekerjaan dapat dikoreksi bila terjadi kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *